Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Gasak Chelsea, Liverpool Kembali ke Puncak Klasemen

Senin 15 Apr 2019 01:00 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Bayu Hermawan

Mohamed Salah (kiri).

Mohamed Salah (kiri).

Foto: AP Photo/Rui Vieira
Sadio Mane dan Mohamed Salah membawa Liverpool kembali ke puncak klasemen Liga Primer

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Liverpool berhasil mengalahkan tamunya Chelsea dengan skor meyakinkan 2-0 pada lanjutan Liga Primer Inggris pekan ke-34 di Stadion Anfield, Ahad (14/4) malam WIB. Sadio Mane dan Mohamed Salah membawa Liverpool kembali ke puncak klasemen Liga Primer Inggris.

Berkat kemenangan ini the Anfield Gank kembali bertengger di posisi pertama menggeser Manchester City dengan perolehan nilai 85 berbanding dua dari the Citizen. Sedangkan bagi the Blues kekalahan ini membuat mereka gagal merangsek ke posisi tiga klasemen dengan tertahan di urutan keempat.

The Reds menguasai jalannya pertandingan disepanjang 45 menit babak pertama dengan total penguasaan bola 60 persen berbanding 40 milik tamunya. Namun, pasukan Juergen Klopp hanya melepaskan dua tembakan ke arah gawang dengan hanya satu yang tepat sasaran.

Peluang Liverpool dibuka pada menit keenam setelah striker Mohamed Salah menerima umpan lambung Sadio Mane. Salah langsung melakukan sepakan voli, namun bola masih mendarat aman ke pelukan Kepa Arrizabalaga.

Pada menit ke-23 Liverpool menekan via pinggir lapangan sebalah kiri. Mane dan Robertson melakukan kerjasama apik, sebelum sang full back melepas umpan silang ke kotak penalti. Roberto Firmino coba mengontrol bola, namun lagi-lagi peluang itu masih diselamatkan kiper Chelsea.

Memasuki menit ke-30 armada Maurizio Sarri memiliki peluang untuk membuka keran gol lebih dahulu. Willian menjadi kreator serangan balik the Blues, sayang hingga berada di hadapan Alisson Becker tendangnya justru melenceng di sisi kanan gawang.

Hingga memasuki menit ke-35 pertandingan masih berjalan dengan tempo tinggi, meskipun keduanya masih jarang menciptakan peluang bersih. Publik Anfield hampir bergemuruh pada menit ke-38, peluang emas didapat oleh Sadio Mane. Umpan tarik dari Salah diteruskan oleh penyerang sayap asal Senegal dengan tembakan keras, namun lagi-lagi bola masih melenceng dari gawang.

Nahas bagi Chelsea bek tengah mereka Antonio Rudiger harus ditarik keluar lapangan pada menit ke-40 dan digantikan oleh Andres Christensen. Adapun, hingga 45 menit laga berjalan tak ada gol yang mengubah hasil di papan skor. Memasuki interval kedua laga masih dikuasi Liverpool. Virgil van Dijk dan kolega begitu ngotot untuk bisa menundukan Chelsea di Anfield.

Publik tuan rumah bergemuruh setelah gol pada menit ke-51 melalui Sadio Mane. Mane sukses menyambar umpan lambung dari Henderson. Tak berselang lama, Liverpool sukses menggandakan kedudukan menjadi 2-0.

Giliran Salah mencatatkan namanya di papan skor. Striker asal Mesir melakukan tendangan keras dari luar kotak penalti yang langsung menghujam ke pojok kanan gawang Kepa. Skor 2-0 untuk keunggulan untuk Merseyside merah.

Laga berjalan sengit, tertinggal dua gol tak membuat Chelsea mengendur. Eden Hazard nyaris memperkecil ketertinggalan. Sayang tembakannya yang berhadapan satu melawan satu versus Alisson Becker gagal merobek gawang Liverpool pada menit ke-59.

Memasuki penghujung laga permainan Liverpool mengendur. Sayangnya situasi ini tidak dimanfaatkan Chelsea dan skor akhir 2-0 tetap bertahan hingga peluit panjang berbunyi. Kemenangan ini sekaligus memutus rekor buruk Liverpool ketika menjamu Chelsea di markas mereka sendiri.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA