Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Phil Foden Cetak Gol, Pep Guardiola: Saya Percaya Padanya

Ahad 21 Apr 2019 00:19 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ratna Puspita

Phil Foden

Phil Foden

Foto: EPA-EFE/NIGEL RODDIS
Gol cepat Phil Foden ke gawang Spurs mengantarkan City ke puncak klasemen.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Satu gol cepat pemain muda Manchester City, Phil Foden, saat mengalahkan Tottenham Hotspur di Etihad Stadium, Sabtu (20/4), mengantarkan The Citizen merebut puncak klasemen Liga Inggris dari Liverpool. Foden mencetak gol pada menit ke-5 setelah menerima umpan dari Sergio Aguero.

Baca Juga

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, memasukkan namanya dalam starting XI yang membuat banyak orang terkejut. Namun, keyakinan Guardiola atas kemampuannya membuahkan hasil lewat satu gol pentingnya.

“Kemarin, saya memutuskan dia akan bermain dan dia lebih dari siap. Saya sangat percaya padanya. Dia mencetak gol,” ujarnya usai laga, dikutip dari laman resmi klub, Sabtu.

Keputusan memasukkan Foden sejak menit awal bukan tanpa alasan. Guardiola ingin lebih bermain menyerang. Pemain berusia 18 tahun itu dinilai mempunyai kemampuan lebih ketika berada di kotak pinalti lawan.

Karena itu atas penampilan apiknya, Guardiola memujinya sebagai pemain luar biasa. Kemampuannya dibutuhkan saat tim ingin menekan lawan dengan tingkat tinggi. Permainannya membawa dinamika berbeda di pertahanan lawan.

“Setiap kali dia bermain, dia telah mencetak gol atau memiliki peluang. Dia memiliki kemampuan bermain di ruang kecil,” katanya.

photo
Pep Guardiola (EPA-EFE)

Foden mampu bersaing dengan gelandang lainnya seperti Eric Dier, Wanyama dan Dele Alli. Kemenangan ini sangat penting untuk menjaga peluang meraih gelar Liga Inggris. Sebab jika kehilangan poin, City diyakini tidak akan mampu bertarung hingga akhir musim dengan pesaingnya, Liverpool.

Secara keseluruhan, Guardiola memujui semua pemainnya dalam pertandingan tersebut. Mereka mampu bangkit setelah disingkirkan tim yang sama di Liga Champions. Mantan pelatih Barcelona juga memuji penjaga gawangnya Ederson serta penggemar yang mendukungnya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA