Kamis, 18 Safar 1441 / 17 Oktober 2019

Kamis, 18 Safar 1441 / 17 Oktober 2019

Mourinho Pilih Inter yang Dilatihnya Sebagai Tim Terbaik

Jumat 18 Jan 2019 01:10 WIB

Red: Israr Itah

Jose Mourinho

Jose Mourinho

Foto: AP Photo/Dave Thompson
Mourinho sudah menangani tujuh klub sejak awal kariernya sebagai pelatih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jose Mourinho memilih Inter Milan pada 2008-2010 sebagai tim terbaik yang pernah ia latih. Mourinho memimpin Inter meraih gelar juara Serie A dan treble winners sebelum hijrah ke Real Madrid. Mourinho sudah menangani tujuh klub sejak awal kariernya sebagai pelatih hingga dipecat Manchester United.

Baca Juga

"Tim terbaik? Anda tahu saya harus mengatakan Inter karena mereka memenangkan segalanya,” katanya dalam peran barunya sebagai pundit di televisi Bein, dikutip Football Italia, Kamis (17/1).

Ia mengaku harus objektif dan menghormati Inter dengan mengatakan tim yang memenangkan segalanya dari hari pertama hingga hari terakhir sebagai tim terbaik. Selain memenangkan semua piala yang diikuti, Inter kala itu juga menaklukkan sejumlah tim top dunia dalam perjalanannya. Saat memenangi Liga Champions, Nerazzurri melibas Barcelona 3-1 dan menaklukkan Bayern Muenchen 2-0 di final.

Inter, kata Mourinho, juga memenangkan scudetto dengan jumlah poin yang fantastis, memenangkan Coppa Italia dan juara dalam tiga final dalam 10 hari. 

"Jadi, saya harus mengatakan mereka tim terbaik," ujar pelatih yang baru dipecat Manchester United tersebut.

Mourinho pernah menukangi sejumlah tim papan atas Eropa dalam perjalanan kariernya.  Namanya harum setelah membawa Porto--tim ketiga yang dilatihnya setelah Benfica dan Uniao de Leiria--menjuarai Liga Champions pada 2004.

Ia kemudian hengkang ke Chelsea pada 2004 dan pergi pada September 2007. Tiga musim di Chelsea, ia memenangkan dua gelar juara Liga Primer Inggris, satu Piala FA, tiga Piala Liga, dan satu trofi Community Shield.

Masuk ke Inter pada 2008, ia meraih dua scudetti, satu trofi Coppa Italia, satu Piala SUper Italia, satu trofi Liga Champions.

Mourinho menangani Madrid  pada 2010 sampai awal 2013 dan hanya mendapatkan satu gelar La Liga, satu Copa del Rey dam satu Piala Super Spanyol.

Ia kembali ke Chelsea pada 2013 dan pergi pada 2015 dengan raihan satu trofi Liga Primer Inggris dan Piala Liga. Mou kemudian menukangi Manchester United pada 2016 hingga dipecat akhir 2018. Di MU, ia hanya bisa mempersembahkan satu Piala Liga, satu trofi Liga Europa, dan satu Community Shield.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA