Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

‘Kegagalan Azzurri Lolos ke Piala Dunia Bagus untuk Italia’

Ahad 14 Jan 2018 22:19 WIB

Red: Ratna Puspita

Massimo Oddo

Massimo Oddo

Foto: EPA-EFE/MATTEO BAZZI

REPUBLIKA.CO.ID, UDINE — Pelatih Udinese Massimo Oddo mengatakan kegagalan lolos ke Piala Dunia 2018 akan menjadi keberkahan bagi Italia. Azzurri gagal meraih tiket berlaga pada putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia setelah kalah dari Swedia dengan agregat 1-0. 

"Nazionale tersingkir dari Piala Dunia adalah kekecewaan besar. Tapi dari sudut pandang tertentu, saya senang dengan kegagalan tersebut. Ini untuk kebaikan sepak bola Italia,” kata mantan bek Milan itu dilansir dari Football Italia, Ahad (14/1). 

Menurut Oddo, kegagalan ini merupakan puncak dari penurunan performa timnas Italia sejak menjadi kampiun di Jerman pada 2006. Dia berpendapat keberhasilan tersebut sekaligus menjadi kekalahan terbesar sepak bola Italia karena gagal mempertahankan sukses dalam jangka panjang. 

“Kami merasa seperti kami yang terkuat dan kami tidak merasa perlu untuk berubah,” kata pemain yang turut mengantarkan Italia meraih juara pada Piala Dunia 2006. 

Ketika Italia terlena dengan status sebagai juara dunia, tim-tim lain yang tidak berhasil menjadi juara atau tersingkir sejak fase awal berbenah. “Tim yang kalah kemudian memulai jalan baru,” kata dia. 

Kegagalan Italia membuat Giampiero Ventura harus mundur sebagai pelatih. Hingga kini, Italia belum menentukan pengganti Ventura. 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA