Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Perebutan Tiket Liga Champions di Serie A Masih Sengit

Senin 20 May 2019 15:44 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Logo Serie A Italia (ilustrasi)

Logo Serie A Italia (ilustrasi)

Foto: Youtube
Persaingan empat tim itu mencapai titik paling menentukan pada giornata pamungkas.

REPUBLIKA.CO.ID, NAPOLI -- Kekalahan 1-4 Inter Milan dari Napoli pada giornata ke-37 Serie A Italia, Ahad (19/5) kemarin, ternyata tidak hanya berimbas pada melorotnya posisi Inter Milan di papan klasemen sementara. Kekalahan Inter juga berpengaruh terhadap peluang sejumlah tim terkait perebutan dua posisi terakhir di zona Liga Champions.

Dengan keberhasilan Juventus dan Napoli memastikan dua posisi teratas klasemen sementara Serie A, maka tinggal tersisa dua tiket terakhir untuk bisa langsung lolos ke putaran grup Liga Champions musim depan. Pasca-Serie A menuntaskan giornata ke-37, setidaknya empat tim masih mengantongi peluang untuk bisa mendapatkan dua posisi terakhir di empat besar Serie A tersebut. Peluang tiga tim semakin besar setelah Inter Milan gagal memetik poin penuh di Stadion San Paolo.

Kekalahan di markas Napoli itu memang membuat Inter Milan gagal memastikan satu tempat di posisi empat besar. Bahkan, kendati memiliki raihan poin yang sama dengan Atalanta, yaitu 66 poin, tapi I Nerazzurri mesti turun ke peringkat keempat lantaran kalah head to head dengan finalis Coppa Italia musim ini tersebut.

Namun, di peringkat kelima dan keenam, AC Milan dan AS Roma, juga masih berpeluang untuk mengakhiri Liga Italia di posisi empat besar. Pasalnya, AC Milan hanya mengantongi selisih satu poin dari peringkat keempat, sementara Roma hanya terpaut tiga poin dari posisi keempat.

Persaingan empat tim itu pun akan mencapai titik paling menentukan pada giornata pamungkas Serie A musim ini, akhir pekan ini, tepatnya saat Atalanta menghadapi Sassuolo, Inter Milan kontra Empoli, AC Milan beradu kualitas dengan SPAL, dan Roma bertemu dengan Parma.

Berada di peringkat ketiga dan keempat, Atalanta dan Inter Milan tentu memiliki keuntungan tersendiri, dibanding Milan dan Roma. I Nerazzurri dan La Dea hanya membutuhkan kemenangan di laga terakhir demi bisa mengamankan posisi. Sementara bagi AC Milan dan AS Roma kemenangan saja tidak akan cukup untuk bisa merangsek ke empat besar, tanpa diikuti kegagalan Inter Milan dan Atalanta memetik poin di laga pamungkas Serie A.

Khusus untuk Inter Milan, ini bukan pertama kalinya i Nerazzurri berada dalam situasi seperti ini. Situasi yang sama dihadapi pula oleh Inter Milan pada pengujung musim lalu. Pada saat itu, Inter harus bisa mengalahkan Lazio di laga terakhir Serie A guna bisa merebut satu tiket terakhir ke Liga Champions.

Ujungnya, Inter Milan menang 3-2 atas Lazio dan berhak menempati peringkat keempat lantaran unggul head to head atas tim asal ibu kota Italia tersebut. Pengalaman ini menjadi modal buat Inter untuk bisa finis di empat besar pada musim ini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA