Jumat, 16 Zulqaidah 1440 / 19 Juli 2019

Jumat, 16 Zulqaidah 1440 / 19 Juli 2019

Sukses di Chelsea tak Cegah Sarri Balik ke Italia

Senin 17 Jun 2019 00:32 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah

Maurizio Sarri

Maurizio Sarri

Foto: Andreas Hillergren / TT via AP
Sarri mampu memberikan the Blues trofi Liga Europa.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Maurizio Sarri bisa dibilang cukup sukses mendampingi Chelsea pada musim 2018/2019. Meski menjalani musim perdana, Sarri mampu memberikan the Blues trofi Liga Europa. Yang lebih penting juga, pelatih asal Italia itu mampu mencapai target yang diminta klub lolos ke Liga Champions setelah finis di peringkat ketiga Liga Inggris.

Sarri memenangkan lima laga perdananya dan sempat tak terkalahkan dari awal musim, yaitu Agustus hingga akhir November. Kekalahan perdana Sarri diberikan Tottenham di Wembley. Sempat terseok-seok selama tahun baru, ketika menderita kekalahan telak oleh Bournemouth dan Manchester City, membuat Chelsea menargetkan finis di posisi empat besar.

Baca Juga

Sarri kemudian menerapkan gaya permainan yang baru dan mengubah formasi, yang disukai oleh skuatnya. Pemain muda Callum Hudson-Odoi dan Ruben Loftus-Cheek pun mampi diorbitkan Sarri di paruh kedua musim lalu. Bukan itu saja, Di Piala Liga, pelatih berusa 60 tahun tersebut juga mampu membawa Chelsea ke partai final. 

Walaupun mereka akhirnya dikalahkan oleh Manchester City. Bisa dibilang Chelsea hanya gagal di Piala FA, ketika dikalahkan Manchester United di putaran kelima. Namun, sederet prestasi itu tak mampu menahan Sarri untuk pulang kampung ke Italia untuk melatih Juventus. 

"Maurizio Sarri meninggalkan Chelsea dengan terima kasih dari kami untuk semua kerja kerasnya dan bantuannya sepanjang musim yang dia habiskan sebagai pelatih kepala,'' kata Direktur Chelsea Marina Granoskaia, dikutip dari laman resmi klub, Ahad (16/6).

Sarri pindah ke London musim lalu, setelah meninggalkan Napoli. Namun baru setahun, Sarri sudah ingin kembali ke negaranya. Padahal, Chelsea harus berjuang di Liga Champions musim depan, dan juga harus bersaing dengan lima klub papan atas di Liga Inggris. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA