Sabtu, 16 Rajab 1440 / 23 Maret 2019

Sabtu, 16 Rajab 1440 / 23 Maret 2019

Zidane Umumkan Mundur dari Madrid

Kamis 31 Mei 2018 18:42 WIB

Red: Israr Itah

Zinedine Zidane

Zinedine Zidane

Foto: AP Photo/Francisco Seco
Zidane memimpin Madrid meraih tiga trofi Liga Champions berturut-turut.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Zinedine Zidane membuat keputusan mengejutkan. Ia mengumumkan mengundurkan diri sebagai pelatih Real Madrid dalam konferensi pers yang digelar Kamis (31/5) siang waktu Madrid. Seperti dikutip dari AS, Zidane tidak akan menangani Los Blancos untuk musim 2018/19.

"Saya tidak lelah menangani tim. Saya sudah menangani klub ini selama tiga tahun, tetapi saya pikir waktunya untuk saya meninggalkan klub sekarang," kata dia kepada para pewarta.

Ia mengatakan, ada tahapan dan periode dalam hidup yang harus dilalui. Terkait menangani Madrid, ia mengaku harus tahu saatnya berhenti.

"Saya pikir ini keputusan yang tepat untuk tim," ungkapnya.

Zidane merasa, akan berat bagi Madrid musim depan jika ia bertahan di Santiago Bernabeu. Ia memberi contoh kegagalan Madrid menjuarai Copa del Rey dan La Liga musim 2017/2018.

Ia menegaskan, keputusan ini mutlak berasal darinya. Tidak ada kaitan dengan para pemain. 

"Setelah tiga tahun, sulit mempertahankan standar tinggi seperti ini," kata dia.

Zidane memimpin Madrid meraih tiga trofi Liga Champions berturut-turut dengan kemenangan di Kiev, Ukraina, pekan lalu. Kemenangan Madrid 3-1 atas Liverpool memastikan Madrid meraih gelar Liga Champions ke-13, tiga di antaranya diraih saat Zidane menjadi pelatih.

Hasil ini membuat tim Madrid asuhan Zidane disejajarkan dengan Ajax dan Bayern Muenchen yang mencapai prestasi luar biasa yang sama pada era 1970-an.

Zidane juga punya catatan mentereng sebagai pelatih Madrid. Dari delapan final bersama Zidane, Madrid memenangkan semuanya. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA