Selasa, 20 Zulqaidah 1440 / 23 Juli 2019

Selasa, 20 Zulqaidah 1440 / 23 Juli 2019

Debut Coutinho, Perpisahan Mascherano, dan Laju Barca

Jumat 26 Jan 2018 08:13 WIB

Red: Endro Yuwanto

Gelandang Barcelona Philippe Coutinho.

Gelandang Barcelona Philippe Coutinho.

Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia
Malam itu, Barcelona juga mengucapkan selamat jalan kepada Mascherano.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Juara bertahan Barcelona melaju semifinal Copa del Rey usai memetik kemenangan 2-0 atas Espanyol pada Kamis (25/1) malam waktu setempat. Barca mengatasi defisit 0-1 dari leg pertama ketika rekrutan baru Philippe Coutinho melakukan debutnya.

Gol-gol awal dari Luis Suarez dan Lionel Messi menghapus rasa tegang di Nou Camp setelah seteru abadi Barca, Real Madrid, serta Athletic Bilbao dan Real Sociedad, disingkirkan lawan-lawannya yang relatif merupakan tim-tim yang lebih kecil pada kompetisi musim ini.

Menghadapi rival sekota Espanyol yang berpotensi menjadi 'kulit pisang' bagi pasukan Ernesto Valverde, Barca yang kalah 0-1 di leg pertama justru jarang direpotkan di depan publik Nou Camp.

Gelandang serang baru Barca asal Brasil, Coutinho, yang didatangkan dari Liverpool bulan ini dengan memecahkan rekor transfer klub yakni 142 juta pound, mendapatkan standing ovation ketika ia masuk lapangan pada babak kedua.

Setiap sentuhannya disambut hangat para penonton pada malam ketika Barca mengucapkan selamat jalan kepada pemain serba bisa asal Argentina Javier Mascherano, yang akan bergabung ke Heibei China Fortune. Mascherano mendapatkan 'guard of honour' sebelum pertandingan sebagai penghormatan terhadap tujuh setengah tahun masa baktinya di Nou Camp.

Suarez menyamakan skor agregat pada menit kedelapan, menyambar umpan silang Aleix Vidal dari jarak dekat untuk membawa Barca memimpin, sebelum upaya Messi dari jarak jauh yang terdefleksi pada menit ke-25 memastikan posisi Barca di empat besar.

Espanyol berupaya bangkit dengan penampilan penuh semangatnya pada fase akhir pertandingan, namun Espanyol justru nyaris kemasukan gol lagi melalui serangan balik ketika tandukan Messi membentur tiang gawang.

Barca bergabung dengan penakluk Real Madrid, Leganes, lalu Valencia yang pada Rabu (24/1) menyingkirkan runner-up musim lalu Alaves melalui adu penalti, dan Sevilla yang mengalahkan Atletico Madrid. Undian semifinal akan digelar Jumat (26/1) ini dan leg pertama akan dimainkan Rabu pekan depan.

Debut Coutinho di Barcelona

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA