Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Babak Pertama, Barcelona Tertinggal Dua Gol dari Valencia

Ahad 26 May 2019 03:20 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Barca vs Valencia

Barca vs Valencia

Foto: Dok Republika.co.id
Valencia bermain jauh lebih efektif, terutama dalam memaksimalkan semua peluang.

REPUBLIKA.CO.ID, SEVILLE -- Lewat dua gol, yang masing-masing dicetak Kevin Gameiro dan Rodrigo, Valencia mampu unggul dua gol dari Barcelona pada babak pertama partai final Copa Del Rey, Ahad (26/5) dini hari WIB. Kendati Barcelona unggul dalam penguasaan bola, tapi Valencia bermain jauh lebih efektif, terutama dalam memaksimalkan semua peluang.

Pada sepanjang babak pertama, Barcelona memang unggul penguasaan bola mencapai 78 persen. Namun, dari segi ancaman ke gawang, Los Che justru mampu mengimbangi Barcelona dengan sama-sama mencetak tiga tembakan ke arah gawang.

Kendati begitu, peluang pertama di laga ini diciptakan oleh Barcelona, tepatnya pada menit ke-18. Lionel Messi, yang diplot sebagai penyerang tengah, mampu melepaskan tembakan mendatar ke arah gawang setelah melewati sejumlah pemain bertahan Valencia. Namun, bola hasil tendangan Messi itu bisa dihalau kiper Valencia Jaume.

Namun, gol pertama di laga ini justru mampu dicetak Valencia, tepatnya pada menit ke-21, lewat torehan Kevin Gameiro. Berawal dari keberhasilan Jose Gaya lolos dari jebakan offside di sisi kanan pertahanan Barcelona, Gameiro sukses memanfaatkan umpan tarik dari Gaya. Penyerang asal Prancis itu sempat menghindari sliding tackle dari Jordi Alba, sebelum akhirnya melepaskan tembakan keras tanpa bisa dihalau Cillessen.

Tanpa kehadiran Luis Suarez, yang biasa beroperasi sebagai penyerang tengah, Barcelona begitu kesulitan untuk terus mengancam gawang Valencia. Messi terlampau jauh turun ke lapangan tengah untuk bisa menjemput bola. Hingga pertengahan babak pertama, lini serang Barcelona begitu tumpul dan kehilangan kreativitas dalam melancarkan variasi serangan.

Tiga menit setelah water break, tepatnya pada menit ke-33, Los Che berhasil menggandakan keunggulan. Kali ini giliran Rodrigo yang mampu merobek gawang juara La Liga Spanyol musim ini tersebut. Lewat sebuah tandukan, penyerang asal Spanyol itu memaksimalkan umpan dari Carlos Soler dari sisi kiri pertahanan Barcelona.

Dari dua gol Valencia ini dapat terlihat para penggawa Barcelona begitu kesulitan meredam kecepatan Valencia, terutama di dua sisi sayap. Sementara Los Che begitu sigap dan terus memanfaatkan lebar lapangan guna memberikan ancaman buat gawang El Barca dalam laga yang digelar di Stadion Benito Villamarin, Sevilla, tersebut.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Barcelona (4-3-3)
Pelatih: Ernesto Valverde
Kiper: Cillessen
Belakang: Alba, Lenglet, Pique, Semedo
Tengah: Rakitic, Busquets, Arthur
Depan: Coutinho, Messi, Roberto

Valencia (4-4-2)
Pelatih: Marcelino
Kiper: Jaume
Belakang: Gaya, Garay, Paulista, Wass
Tengah: Soler, Coquelin, Parejo, Guedes
Depan: Gameiro, Rodrigo

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA